Jumat, 12 Maret 2010

ASET DAMKAR KOTA BANDUNG

Selasa, 09/03/2010
Idealnya 270 Unit, Bandung Hanya Punya 19 Unit Mobil Damkar
Tendi Mahadi - detikBandung

Bandung - Aset Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bandung, masih jauh dari kebutuhan. Misalnya saja pengadaan mobil damkar yang idealnya 270 unit, kenyataannya hanya 19 yang tersedia.

"Aset kita masih sangat kurang bila dituntut untuk memenuhi kebutuhan Kota Bandung," ujar Kepala Dinas kebakaran Kota Bandung, Prijo Soebiandono kepada detikbandung saat ditemui di sela-sela sosialisasi siaga bencana bagi Ibu Dharma Wanita dan PKK Kota Bandung di aula Kantor Dinas Kebakaran, Jalan Sukabumi, Selasa (9/3/2010).

Untuk melayani warga Kota Bandung yang mencapai 2,7 jiwa, petugas damkar yang dibutuhkan adalah 4. 050 orang. Sedangkan saat ini hanya ada 133 personel Damkar yang bekerja secara bergantian, sebanyak 43 personel per hari.

Sementara jumlah mobil pemadam kebakaran idealnya mencapai 270 unit. Namun saat ini Damkar hanya memiliki 19 unit. "Harusnya tiap 10 ribu warga dikawal oleh satu mobil damkar. Kita hanya punya 19, itu juga yang kondisinya bagus cuma 14 unit," jelas Prijo.

Hal yang sama terjadi dalam jumlah pos wilayah (poswil) Damkar di Kota Bandung. Saat ini Damkar hanya memiliki 2 dari 5 pos yang dibutuhkan. Satu di jalan Sukabumi, dan lainnya di wilayah Soekarno-Hatta. "Harusnya tiap wilayah di Kota Bandung ada satu pos. Yang kasihan itu Bandung Utara karena letaknya jauh dari kedua poswil," ujarnya.

Prijo mengungkapkan, anggaran untuk Damkar dari DPRD Kota Bandung memang sedikit. Akibatnya sulit untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pemadam kebakaran. Namun ia enggan menyebutkan jumlah anggaran Damkar tiap tahunnya.

"Anggarannya dikit, cuma sepersekian lah dari jumlah ideal. Tapi yang penting dengan modal minim kita tetap kerja maksimal," ungkap Prijo.

Menyikapi persoalan ini, salah satu solusi yang dilemparkan Prijo adalah dengan memberi edukasi kepada masyarakat, mengenao bagaimana menghindari dan menghadapi kebakaran. Dengan demikian diharapkan warga mampu menghindari dan menghadapi kebakaran serta meminimalisir kerugian yang bisa timbul.

(lom/lom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar