Jumat, 12 Maret 2010

SIMULASI KEBAKARAN

Rabu, 03/02/2010
Hotel Santika Disimulasikan Terbakar, Wartawan Pilih Balik Kanan
Andrian Fauzi - detikBandung

Bandung - Akibat tidak diinformasikan sebelumnya, puluhan wartawan terkecoh kegiatan simulasi kebakaran di Hotel Santika Bandung. Petugas sengaja membuat skenario agar simulasi berlangsung seperti kebakaran yang sesungguhnya.

Ketika wartawan tiba di Hotel Santika, Jalan Sumatera No.52-54, pukul 10.30 WIB, Rabu (3/2/2010), salah satu kamar di lantai tiga telah terbakar.Kejadian itu pun membuat panik karyawan hotel dan warga sekitar.

"Kiraiin beneran, taunya simulasi," ketus salah seorang wartawan di lokasi simulasi.

Tak mau waktu terbuang sia-sia, para wartawan media cetak dan televisi yang datang ke lokasi bergegas balik kanan meninggalkan lokasi.

Warga sekitar serta orang yang melintas di lokasi juga mengaku terkejut. "Saya malah sempat ngasih tahu teman-teman adanya kebakaran. Eh, ternyata simulasi saja," ujar Tendi warga Antapani yang bekerja di salah satu outlet di Bandung Indah Plaza (BIP).

Kadiskar Kota Bandung Prijo Soebandono mengatakan memang sengaja simulasi kali ini disusun skenario seperti nyata. "Ya ini skenario dan memang dibuat seperti sungguhan. Petugas yang ada di kantor pun sudah dikontak agar kalau wartawan nelpon dan nanya kebakaran, jawabnya ada," ujarnya sembari tersenyum di lokasi simulasi.

Sales & Marketing Hotel Santika, Indrawati, skenario simulasi itu berawal dari arus pendek yang terjadi di salah satu kamar di lantai tiga. Karena api membesar, akhirnya pihak hotel meminta bantuan pemadam kebakaran. "Dalam waktu sembilan menit petugas kebakaran sudah sampai ke lokasi. Lima belas menit kemudian berhasil dipadamkan dan petugas pemadam mengevakuasi tamu hotel di kamar tersebut," terangnya.

(bbn/lom)

1 komentar: