Jumat, 12 Maret 2010

Simulasi kebakaran

Rabu, 23/12/2009
Lurah Cipadung Kulon Jadi Penyelamat Kebakaran di Diskar
Baban Gandapurnama - detikBandung

Bandung - Drum yang berada tepat di halaman Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung tiba-tiba mengobarkan api yang cukup besar. Lalu seorang wanita berjilbab sambil membawa karung goni basah berlari ke arah drum, dan langsung menutupi drum dengan karung goni, hingga api padam.

Atraksi tersebut dipertontonkan Lurah Cipadung Kulon Cucu Adiwidjaja dalam rangkaian simulasi kebakaran yang diikuti oleh 151 lurah di Kota Bandung. Acara simulasi ini digelar sejak kemarin, Selasa (22/12/2009) hingga hari ini (23/12/2009).

"Ya ini kegiatan yang bermanfaat sekali. Hasilnya nanti akan saya sampaikan kepada warga bagaimana antisipasi awal kebakaran. Saya sih berharap, petugas Diskar bisa langsung datangi warga untuk simulasi," ujarnya ujar simulasi di Kantor Diskar Bandung, Jalan Sukabumi.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung Prijo Soebandono mengatakan simulasi ini digelar berkaitan dengan perayaan Natal dan Tahun Baru yang sudah di depan mata.

"Ya kita imbau para lurah bisa mencegah dan waspada terhadap kebakaran. Selain itu juga untuk membangkitkan satuan relawan kebakaran di tingkat warga," katanya.

Menurutnya terdapat 289 RW di 17 kecamatan yang rawan kebakaran, yaitu rata-rata daerah yang padat penduduknya seperti di Kiaracondong dan Cicadas.

Pantauan detikbandung, saat simulasi ini 75 lurah yang ikut acara hari ini diberi pengarahan antisipasi kebakaran. Karena cuaca mendung, hanya 5 orang yang praktik langsung memadamkan api dengan menggunakan karung goni basah atau dengan menyemprotkan alat pemadam api ringan (APAR).

(ern/ern)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar